Cerita Obama Kaget di Candi Borobudur hingga Warga Jerman Tewas di Gunung Sibayak

liputan6

liputan6 Selama berlibur di Bali, mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan keluarga sudah berkunjung ke Candi Borobudur, Candi Prambanan, Puncak Becici di Dlingo Bantul dan menikmati sejumlah kuliner lokal.

Salah satunya mi lethek khas Bantul. Obama dan rombongannya disebutkan bolak-balik menikmati mi yang terbuat dari tepung tapioka dan gaplek yang diolah secara tradisional dan digiling menggunakan sapi ini.

Obama juga kaget saat mendengar cerita seputar patung Kunto Bimo di Candi Borobudur, demikian cerita Mura Aristina, petugas Balai Konservasi Borobudur (BKB). Apa yang membuat Obama dan rombongannya kaget?

Berikut ini 5 berita terpopuler dari seantero Nusantara sepanjang hari kemarin yang tak boleh Anda lewatkan:

1. Saat Obama Kaget di Candi Borobudur…

liputan6 Kesan menarik yang diperoleh wisatawan saat berkunjung ke Candi Borobudur, di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menjadi sukacita tersendiri bagi para petugas Balai Konservasi Borobudur (BKB). Apalagi jika yang terkesan adalah mantan Presiden Amerika Serikat Barack Hussein Obama.

Mura Aristina, salah satu petugas BKB yang ditunjuk menjadi pendamping Obama selama berada di Candi Borobudur, Rabu (28/6/2017) sore, menuturkan, Obama sangat antusias mendengar kisah patung Kunto Bimo di Candi Borobudur.

Saat itu, Mura bercerita kepada Obama bahwa patung yang berada di dalam stupa berongga belah ketupat di lantai ke-7 dari 10 Candi Borobudur sisi timur itu memiliki mitos yang sangat populer di Borobudur.

“Konon jika orang bisa menyentuh patung itu sambil mengucap keinginan, maka akan tercapai keinginan tersebut,” ujarnya, Rabu petang.

Rombongan Obama Bolak-balik Nikmati Mi Lethek

liputan6 Setelah mengunjungi Puncak Becici, mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama dan keluarga mengunjungi Restoran Bumi Langit di Imogiri, Bantul, Yogyakarta, untuk bersantap siang, Kamis (29/6/2017).

Dari Pantauan Kompas.com, rombongan tiba sekitar pukul 11.20 WIB. Warga dan wartawan hanya diperbolehkan memantau dari luar dengan jarak 50 meter. Setelah makan, iring-iringan rombongan keluar dari restoran menuju Hotel Tentrem melewati Jalan Imogiri.

Pemilik restoran, Iskandar Woworuntu mengaku baru diberitahu pihak Obama tadi pagi. Tanpa persiapan, pihaknya menyajikan makanan yang memang biasa disajikan restoran yang mengusung konsep alam tersebut.

liputan6 Makanan yang disajikan yakni urap Bali, sop ikan gurami, mi lethek goreng, dan sambal terong, serta makanan lainnya.

3. Di Candi Borobudur, Obama Mengenang Masa Kecilnya

Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menjadi salah satu tempat yang menyimpan kenangan masa kecil mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama.

liputan6 Obama sewaktu kecil pernah berwisata ke candi umat Buddha terbesar di dunia itu bersama keluarganya ketika masih tinggal di Indonesia.

“Beliau ( Obama) sangat senang kembali ke Borobudur. Beliau menyampaikan bahwa waktu kecil pernah berkunjung ke sini. Apalagi sekarang mengajak keluarga besarnya,” kata Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Edi Setijono, yang ikut mendampingi rombongan Obama, Rabu (28/6/2017) petang.

(baca: Inilah Museum UGM yang Menjadi Saksi Masa Kecil Obama)

Obama datang ke Candi Borobudur dalam rangka kunjungan wisata setelah sebelumnya mereka berwisata di Pulau Bali.

Obama mengajak keluarganya, antara lain istri, Michele Obama, dua putrinya dan adik tirinya Maya Soetoro. liputan6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *