Duel Antara Juara Piala Eropa vs Juara Copa America Siap Digelar?

pic5678

CONMEBOL, konfederasi Amerika Selatan, baru saja mengirimkan surat tantangan kepada UEFA tentang peluang menyajikan pertarungan maut ini. Apakah duel antara dua juara konfederasi ini kelak akan menjadi ajang tahunan yang rutin diadakan?
Pada masa lalu, pernah ada Piala Interkontinental. Sesuai namanya, ajang tersebut mempertemukan antara juara Eropa dengan Amerika Selatan. Namun hal itu terjadi di level klub. Piala Interkontinental ini adalah cikal bakal munculnya Piala Dunia Antar Klub, ajang yang mempertemukan jawara-jawara dari enam konfederasi di bawah naungan FIFA.
Sementara itu, di tingkat internasional sudah ada Piala Konfederasi yang mempertemukan enam juara konfederasi. Awalnya, ajang ini digelar dua tahun sekali. Namun, mulai 2009, dilakukan empat tahun sekali, pada setahun sebelum gelaran Piala Dunia. Toh hal ini tidak menghalangi CONMEBOL merancang pertemuan khusus antara juara turnamen mereka, Copa America, melawan juara Piala Eropa.

Alejandro Dominguez, presiden CONMEBOL menuturkan, Kami baru saja meluncurkan tantangan kepada UEFA untuk pertandingan antara juara Copa America melawan juara Piala Eropa.
Ditambahkan Dominguez, laga tersebut tidak akan dimainkan dalam konsep kandang-tandang, tetapi hanya di Amerika Selatan. Saat ini UEFA disebut belum memberikan jawaban resmi, dan masih mempelajari proposal tersebut.
Menurut Dominguez, jika ajang ini digelar tahun ini, maka yang akan tampil bukanlah juara Copa America 2015, Chile. Melainkan juara Copa America Centenario, turnamen edisi 100 tahun Copa America. Artinya, wakil dari CONMEBOL adalah, antara Argentina atau Chile yang bakal bertarung di final pada 27 Juni mendatang.

qhddwhy.com pic5678 Sumber: Sidomi