FIFA Siap Umumkan Format Baru Piala Dunia Dengan 48 Tim!

Demikian yang dikutip dari Associated Press. Pengumuman besar ini, jika tidak ada aral melintang, akan dilakukan oleh Dewan FIFA pada Selasa (10/1) mendatang. Nantinya, akan ada babak penyisihan grup yang terdiri dari 16 grup, dan total 80 pertandingan andai format 48 tim ini disahkan oleh FIFA.
Selama ini Piala Dunia dengan peserta 32 tim dianggap yang paling ideal. Format ini sudah bertahan sejak Piala Dunia 1998, dan berlanjut hingga enam edisi Piala Dunia hingga Qatar 2022. Namun bukan berarti format ini adalah format paling final. Pasalnya, sejak awal Gianni Infantino, presiden FIFA, punya kepentingan soal penambahan peserta Piala Dunia.
Salah satu janji kampanye Infantino adalah adanya kesetaraan antara anggota FIFA. Dan hal itu bakal terwujud jika negara-negara anggota FIFA mendapatkan kesempatan lebih besar masuk Piala Dunia. Saat ini, ide yang paling mungkin diloloskan adalah penambahan 16 peserta baru, yang membuat Piala Dunia 2026, jika jadi, akan diikuti 48 tim.
Sistemnya juga bakal diubah. Babak penyisihan akan terdiri dari 16 grup, yang berarti satu grup terdiri dari 3 tim. Kemudian, hanya juara dan runner-up grup yang lolos ke babak 32 besar. Sejak babak 32 besar inilah, sistem gugur diterapkan. Dengan demikian, pada akhirnya sebuah tim hanya akan bermain delapan kali jika lolos ke final cuma satu lebih banyak dibandingkan dengan format yang sekarang.

FIFA bakal mendapatkan keuntungan besar dari format baru ini, karena dengan demikian, total 80 laga sejak penyisihan grup hingga final bakal layak dijual seluruhnya. Selama ini, dengan format 32 tim, otomatis dari 64 laga yang tersedia, hanya ada slot tayangan untuk 56 laga. Mengingat, dua laga terakhir di penyisihan grup, digelar dalam satu waktu yang sama untuk menghindari kecurangan. Tapi, dengan format 16 x 3 tim, tidak akan ada jadwal yang perlu digelar berbarengan.
Dikutip dari Associated Press, Selasa mendatang bakal jadi kunci diterima atau tidaknya format baru Piala Dunia ini. Jika sampai ada perdebatan panjang soal kuota yang bertambah, atau berapa jumlah slot baru untuk masing-masing konfederasi di Piala Dunia dengan 48 tim ini, keputusan FIFA bisa ditunda. Tapi saat ini, ide penambahan peserta Piala Dunia tampaknya ada di jalur yang mulus.

qhddwhy.com keluaran tgl sgp Sumber: Sidomi